PA (Bagian 01)

Tidak terasa, rupanya waktu terus berganti. Rasanya baru kemarin jadi Panitia Wisuda Tahun 2008, hari ini saya sudah di temui oleh 3 (tiga) orang taruna untuk bimbingan Karya Ilmiah Praktek Akhir.

Membuka pembicaraan siang itu, saya menawarkan siapa yang duluan bicara agar suasana lebih akrab. Saya di daulat untuk bicara lebih dahulu. Saya awali pembicaraan dengan menyampaikan beberapa pemahaman saya mengenai praktek akhir dan karya ilmiah praktek akhir.

Paling tidak, siang ini ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum melaksanakan Praktek Akhir;

  • Praktek akhir merupakan kegiatan kurikuler dengan beban 6 SKS untuk praktek lapang, 1 SKS untuk seminar karya ilmiah dan 2 SKS untuk Laporan Karya Ilmiah (KIPA). Rangkaian kegiatan meliputi penyusunan proposal, seminar proposal, pelaksanaan praktek lapang, penulisan laporan ilmiah, seminar laporan ilmiah dan ujian akhir/sidang karya ilmiah. Pelaksanaannya dalam bentuk magang kerja, sehingga memperoleh pengalaman melakukan kegiatan produksi di dunia nyata/dunia industri/dunia usaha. Bisa juga mengikuti penelitian (ikut dalam suatu proyek penelitian), namun faktor keterampilan dalam kegiatan berproduksi tetap diperhatikan. Sebagian kecil dari ilmu/data yang diperoleh di lapangan ditulis menjadi karya ilmiah yang disebut (KIPA). Mengapa disebut sebagian kecil? Ya, karena begitu luasnya ilmu yang perlu dipelajari selama praktek akhir.
  • Pada saat Anda akan melaksanakan praktek akhir, fokus utama Anda adalah melatih keterampilan dan menambahan pengalaman di lapangan, sedangkan membuat karya ilmiah adalah bagian dari kegiatan tersebut. Jika Anda hanya fokus untuk membuat laporan, itu artinya Anda membatasi diri Anda, sehingga hanya fokus pada data-data yang diperlukan. Boleh jadi bila perlu data tersebut diperoleh secara ilegal. Pada kondisi demikian keterampilan dan pengalaman menjadi terabaikan.
  • Buatlah rencana kegiatan sedemikian rupa, termasuk atur pertemuan rutin dengan pembimbing (sesuaikan dengan keadaan/kondisi masing-masing pembimbing). Fahami bahwa dosen bimbing Anda juga memiliki perkerjaan lainnya selain membimbing Anda.

Terima kasih

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “PA (Bagian 01)

  1. Piccala

    Sebenarnya apa bedanya kita dengan S1 di Universitas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s