Sekali Lagi, Waktu

Kita kadang-kadang merasa telah melakukan banyak hal. Namun, kenapa pekerjaan senantiasa terus menggunung. Malah hasil kerja (outcome) kita tidak memberikan nilai tambah kecuali stress berat dan deadline yang meleset. Cara mengatasi masalah tersebut menurut Dr. Donald E. Welmore dari Connecticut, AS – adalah bekerja lebih cerdas (smarter) dan bukan bekerja lebih keras (harder). Ini berarti kita harus dapat mengelola waktu kerja kita secara lebih efisien agar dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dengan waktu yang lebih sedikit.

Perencanaan adalah tahap terpenting dalam manajemen waktu yang efektif. Melalui tiga tahapan berikut kita dapat dengan mudah memperbaiki produktivitas secara bermakna setiap hari.

Pertama, buatlah daftar pekerjaan (to-do list) setiap hari sebelum mulai bekerja atau sebelum pulang kerja (untuk hari berikutnya). Tulis semua hal yang ingin Anda selesaikan pada hari itu. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari duplikasi dan terlupakannya tugas-tugas penting, sehingga memudahkan pengendalian pekerjaan Anda. Disamping itu, Anda juga akan dapat dengan mudah menjadwalkan waktu.

Kedua, prioritaskan daftar pekerjaan. Pilihlah hal terpenting dari daftar itu yang harus Anda kerjakan. Beri angka 1 di depan daftar pekerjaan Anda dan seterusnya hingga selesai. Lalu, mulailah mengerjakan tugas berdasarkan prioritas yang Anda tentukan itu. Meskipun Anda tidak dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan yang terdaftar, namun Anda telah menyelesaikan tugas-tugas terpenting. Dengan demikian Anda dapat fokus pada tugas-tugas yang terpenting dan menghindari kecenderungan melakukan hal-hal yang kurang penting dan mudah dikerjakan.

Ketiga, tindaklanjuti proses ini setiap hari. Apabila Anda setiap hari memulai bekerja dengan suatu daftar prioritas pekerjaan, maka Anda dapat melakukan prioritas dari pekerjaan-pekerjaan yang belum diselesaikan pada hari sebelumnya. Rencana kerja harian akan menajamkan fokus Anda akibat pergeseran prioritas setiap hari.

Dengan tiga tahap ini saya berharap semoga Anda dapat memperbaiki secara bermakna kinerja harian Anda. Ingat pepatah: Action without planning is a chaos. Semoga Anda dapat lebih produktif dan menikmati hari-hari Anda tanpa stress.

Jakarta, 9 Februari 2001

dikutip dari: Renungan Akhir Pekan oleh Bina Suhendra

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan Pinggir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s