KKP Rumuskan Pelaksanaan PKN

JAKARTA (Suara Karya/Kamis, 5 April 2012): Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama delapan kementerian lain menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait pelaksanaan program peningkatan kehidupan nelayan (PKN). Rakor juga membahas sekaligus menentukan anggaran yang digunakan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo/Ketua Kelompok Kerja Program PKN mengatakan, saat ini jumlah nelayan miskin tercatat 7,87 juta orang atau 25,14 persen dari jumlah penduduk miskin Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan solusi mendasar dalam mengatasi persoalan kemiskinan ini.

“Program PKN ditetapkan dalam Keppres Nomor 10 Tahun 2011 dan rencananya diimplementasikan pada tahun ini. Diharapkan dalam kurun watu tiga tahun ke depan dapat memutus lingkaran kemiskinan pada nelayan yang seakan tak berujung ini,” kata Sharif saat memimpin rakor.

Program PKN rencananya dilaksanakan di 400 pelabuhan perikanan (PP)/pangkalan pendaratan ikan (PPI). Lokasinya di 33 provinsi atau persisnya di 1.426 desa serta menjangkau 112.037 rumah tangga sasaran (RTS) nelayan, terdiri dari 33.877 RTS nelayan yang sangat Miskin, 44.475 RTS miskin, dan 33.685 RTS hampir miskin.

Dia menambahkan, KKP juga terus mengembangkan sarana dan prasarana di PP/PPI, seperti pembangunan ruang pendingin ikan (cold storage) mini, pembangunan Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN), dan kendaraan roda berinsulasi. Selain itu, KKP juga akan tetap melanjutkan pemberian bantuan, seperti pengurusan sertifikat hak atas tanah untuk nelayan, jaminan sosial/asuransi untuk nelayan, dan lainnya.

“Kelompok nelayan juga akan diberikan bantuan kapal, bantuan langsung melalui pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP) perikanan tangkap serta usaha pengolahan dan lainnya. KKP mengalokasikan dana sebesar Rp 1,157 triliun pada tahun ini untuk mendukung program PKN,” ujarnya.

Sementara itu, kementerian yang mendukung pelaksanaan program PKN, antara lain Kementerian Perumahan Rakyat untuk pembangunan 16.900 unit rumah untuk nelayan serta Kementerian ESDM untuk pemasangan listrik murah di 16.900 rumah nelayan maupun Kementerian Pekerjaan Umum dengan sarana air bersih di 205 lokasi PPI. (Bayu)

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=300620

Tinggalkan komentar

Filed under Berita Perikanan, Sosial Politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s