Sentra Pengolahan Teri Dibangun

Padang Ekspres • Rabu, 26/12/2012: Padang, Padek—Menyikapi ren­ca­na pemerintah pusat menga­rah­kan in­dustrialisasi perikanan, di Pa­dang te­lah dibangun sentra pengo­lahan ikan, khusus untuk teri. Sentra pe­ngo­lahan teri itu dibangun di daerah Pa­­sie Nantigo, Kecamatan Koto­ta­ngah.

“Secara prinsip bangunannya su­dah selesai. Tapi masih ada bebe­rapa hal yang masih perlu dilengkapi, sa­lah satunya soal listriknya. Listrik­nya ba­ru saja masuk. Mungkin Januari 2013 bisa mulai operasionalnya,” ka­ta Kepala Dinas Kelautan dan Pe­ri­ka­nan Padang Zalbadri, kemarin (25/12).

Zalbadri mengatakan, selama ini ba­nyak nelayan yang tak bisa me­nyimpan teri terlalu lama. Akibat­nya teri itu cepat busuk dan tidak bisa di­jual atau pun dikonsumsi. Aki­batnya n­e­layan mengalami kerugian. Na­mun dengan adanya sentra pengo­l­a­han teri tersebut, teri-teri itu bisa di­simpan dan dapat bertahan dalam wak­tu yang cukup lama.

”Sentra pengolahan teri itu telah di­lengkapi dengan coldbox dan fishbox (kotak pendingin), lan­tai je­mur, alat perebusan, gu­dang pe­­nyim­­panan. Ke semua­nya itu ber­­man­faat agar teri tahan lama dan ti­dak cepat busuk. Bahkan ikan teri bisa tahan berbulan bulan,” ulasnya.

Di samping itu, dia juga menje­las­kan, untuk menjangkau daerah-dae­rah yang ada di luar sentra ne­layan lainnya di Padang yang belum ada sentra pengolahan ikannya, Di­nas Kelautan dan Perikanan Padang juga berusaha mendapatkan ban­tuan dari APBD Propinsi agar dapat mem­bantu pembuatan tungku rebus dan para-para jemuran berupa ba­gian atas tungku)  untuk daerah ter­se­but. “Untuk pembuatan tungku re­bus itu kita usulkan nanti. Ter­utama un­tuk nelayan yang berada diluar dae­rah sentra. Misalnya di Padang Uta­ra dan beberapa daerah lainnya,” terangnya.

 

Kemudian katanya, di tahun 2013  juga bakal direncanakan akan di­bangun pengolahan ikan untuk meng­hasilkan olahan teri menjadi bak­so dan nugget serta turunan lain­nya. “Dari dana alokasi khusus K­e­men­terian Kelautan dan Peri­kanan su­dah dianggarkan. Ting­gal me­nyu­sun perencanaannya,” ujarnya.

Jika itu terealisasi, kata Zalbadri, sen­tra pengolahan itu juga nantinya juga akan dilengkapi dengan mem­b­a­ngun rumah kemasan untuk men­du­­kung pengemasan atau packing ha­­sil pengolahan perikanan tersebut. “Ha­rapan kita tahun 2013 ini sudah bisa kita mulai menyiapkan pengo­la­han ikan untuk bakso dan nugget itu,” ujar Zalbadri.

Dia menambahkan, juga diren­canakan pembuatan coldstorage (tempat penyimpanan ikan, red) berkapasitas besar. Coldstorage itu dapat mengolah seluruh jenis ikan, tidak saja ikan teri. ”Rencananya ini akan dibuat tahun 2013 dari dana APBN,” sebutnya. (bis)

http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=38647

 

Tinggalkan komentar

Filed under Berita Perikanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s